Kabar Baik, Kasus Kematian Harian Covid

Kebijakan tersebut ditempuh seiring dengan lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia pasca libur lebaran dan penyebaran varian virus baru. Wiku menambahkan, perkembangan yang sudah relatif membaik seperti kasus positif, kasus aktif, dan BOR harian yang menunjukkan penurunan, serta kesembuhan yang meningkat harus terus dipertahankan. Dengan begitu, zonasi risiko wilayah-wilayah yang saat ini berada di zona merah dapat segera membaik dan berpindah ke zona oranye dan zona kuning.

Penanganan itu seperti melakukan koordinasi berkala dengan seluruh unsur pemerintah daerah dan evaluasi progres perkembangan kasus dan membatasi mobilitas penduduk di wilayah setempat. Selain itu, peran posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM juga perlu diperkuat agar pengawasan dan pelaporan kepatuhan protokol kesehatan dari unsur TNI atau Polri di wilayah setempat dapat ditingkatkan. Kasus meninggal akibat COVID-19 masih berfulutasi dengan hari ini ada penambahan 24 kasus sehingga jumlah kumulatifnya mencapai 808 kasus. “Selama itu tidak kuat dan kurangnya penerapan protokol kesehatan dari masyarakat yaitu 5M maka jenis pengetatan seperti ini akan terus menguras resources kita,” kata dia. Negara dengan kasus Covid-19 yang terbanyak di dunia saat ini adalah Amerika Serikat, India, Brasil, Rusia, dan Inggris.

Menurut Oki, tingginya jumlah kasus baru pasien Covid-19 di Bantul lebih dikarenakan masifnya testing. Selain itu, lanjut dia, tracing telah dilakukan dengan baik, sehingga setiap kontak erat dari pasien juga dapat terdeteksi dan diperiksa. “Terakhir, sebagai upaya mencapai herd immunity, diharapkan jumlah orang yang telah divaksin bisa mencapai di atas 70%,” ujarnya. “Alhamdulillah yang kami lihat sekarang puncaknya itu kena di fifty seven ribu dan kita sudah mulai melihat penurunan,” ungkap Budi dalam keterangan pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (2/8).

Kasus harian covid sudah  menurun

Bahkan, masker ganda pun kini direkomendasikan untuk dipakai, dengan lapis pertama menggunakan masker medis dan lapis kedua menggunakan masker kain. Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan ada empat komponen pertimbangan untuk melonggarkan PPKM darurat. Sebanyak empat provinsi di Jawa-Bali mulai mengalami penurunan kasus virus corona Covid-19 dalam sepekan terakhir. Ini tak lepas dari adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat stage Situs Judi Slot 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021.

Dinas Kesehatan di daerah agar berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat apabila terdapat target sasaran vaksinasi Covid-19 yang belum memiliki NIK. Keputusan tersebut diambil pemerintah guna menghindari libur panjang yang selalu mengakibatkan kasus Covid-19 naik. Kementerian Kesehatan Jepang meminta semua orang yang tiba dari luar negeri untuk isolasi mandiri selama 14 hari.