7 Tips Cara Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Cerdas

Gunakan kartu kredit dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga Moms dan Dads tidak akan terlilit hutang. Zaman sekarang berbagai hal semakin terasa instan, namun cara menghemat uang tidak bisa dilakukan secara instan. Moms dan Dads pasti merasakan bagaimana susahnya menghemat uang bukan?

Dengan begitu, kamu pun bisa menentukan nominal yang fixed untuk tabungan kamu. Cara menghemat uang yang satu ini sering sekali diabaikan orang-orang, terutama para mahasiswa yang sering begadang dan makan tidak teratur. Kesehatan itu mahal harganya, terlebih kalau kamu sudah jatuh sakit. Kartu mahasiswa itu tidak hanya berguna untuk absensi kelas, lho! Identitas kamu sebagai mahasiswa akan membantu kamu untuk berhemat. Biasanya, banyak universitas bekerja sama dengan brand atau toko dalam bentuk diskon khusus mahasiswa.

Hitung seluruh pendapatan bulanan yang diperoleh dari gaji atau usaha yang dijalankan. Angka yang diperoleh sangat penting untuk menetapkan alokasi dana untuk setiap detail kebutuhan keluarga. Jangan sampai besar pasak daripada tiang atau pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Kini bermunculan aplikasi pengatur keuangan yang bisa diunduh untuk menjadi acuan dalam berbelanja sehari-hari. Misalnya, ada aplikasi yang memberikan fasilitas informasi diskon yang ditawarkan toko tertentu. Saat berada di toko tersebut, Anda akan mendapat notifikasi barang apa yang didiskon hari itu, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur anggaran belanja dan mengetahui berapa jumlah uang yang dikeluarkan untuk belanja bulanan di bulan ini. Dengan membeli pulsa untuk ponsel Anda menggunakan kartu kredit di Sepulsa Anda bisa mendapatkan kupon potongan harga yang bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Berbelanja dalam kemasan besar bisa jadi trik yang layak Anda terapkan demi menghemat pengeluaran setiap waktu belanja tiba.

Cara agar hemat dalam berbelanja bulanan

Kartu ucapan customized made saat ini banyak dijual secara online. Jika sesekali ingin buka puasa dengan memesan menu kafe atau restoran boleh saja. Cari informasi dulu, tempat-tempat makan yang tengah memberikan diskon atau Beli Free Spin promo khusus untuk berbuka puasa. Jika sudah mempunyai anggaran keuangan yang jelas, kamu bisa mengontrol pengeluaran selama bulan puasa. Padahal, asupan gizi yang cukup sebenarnya tidak harus dengan membeli makanan yang harganya mahal.

Dengan harga yang relatif lebih murah daripada toko konvensional, Anda juga akan diuntungkan karena untuk pembelian jumlah tertentu akan dibebaskan dari ongkos kirim. Biasakan membawakan bekal untuk anak-anak ke sekolah dan saat Anda bekerja. Selain higienis, membawa bekal dari rumah jelas salah satu cara menghemat uang yang paling jitu.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui cara menghemat uang untuk mengatasinya. Setiap orang harus belajar menabung sejak dini dengan cara menyisihkan sedikit uang jajan kita. Kita bisa belajar hemat dengan cara menabung dan mengelola pengeluaran kita. Sebagai anak rantau, kita harus belajar bersosialisasi yang baik dengan orang lain. Dengan komunikasi yang baik kamu bisa meminjam buku kepada teman, senior atau di perpustakaan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk e-book dari buku yang diperlukan.

Menurut penelitian dari University of Minnesota’s Carlson School of Management, rasa lapar membuat kamu lebih ingin memiliki sesuatu. Yup, kamu akan lebih tergoda untuk membeli barang saat sedang lapar! Jadi, pastikan perut dalam keadaan kenyang saat akan pergi berbelanja. Usahakan saat kamu belanja selalu dengan harga diskon atau promo. Nah, kamu bisa melihat pola supermarket memberikan diskon pada produk-produk tertentu.

Apabila setelah memperhitungkan semua aspek tersebut Anda mendapatkan harga yang lebih rendah, sebaiknya gunakan cara ini saja. Apalagi jika digunakan untuk berbelanja bulanan, yang barang-barangnya kecil-kecil namun banyak. Sehingga, kamu mungkin saja akan berbelanja melebihi price range yang sudah seharusnya tercatat. Sebelumnya, kamu juga bisa memastikan harga-harga barang yang diskon, di website resmi supermaket atau minimarket tersebut. Hal itu dilakukan agar, kamu tidak membuang-buang waktu sambil berkeliling untuk mencari barang yang sedang diskon. Lewat hal ini, kamu akan sadar bahwa produk yang kamu inginkan ini benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Apabila masih belum cukup, tentu saja Anda harus menambah sumber pendapatan. Kehidupan di masa kuliah akan menentukan masa depan yang akan diraih. Pengaturan keuangan pun harus dilakukan secara akurat dan hati-hati untuk menjamin kinerja yang lebih baik lagi.