Tips Memulai Usaha Dari Nol Di Tengah Pandemi Covid

Pria kelahiran kota Bandung, 29 September 1987 ini merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara. Status ‘damaged home’ membuat ia pernah terjerumus ke hal-hal negatif saat usinya masih sangat muda. Setelah lulus dari SMAN 2 Bandung, Reza memilih mencoba merintis usaha ketimbang masuk ke perguruan tinggi. Dengan modal usaha yang ia berhasil kumpulkan, Reza kemudian mencoba berbagai macam jenis usaha.

Biasanya, saat suatu usaha dirasa telah berhasil dan balik modal, sejumlah pengusaha tanpa pikir panjang akan melakukan ekspansi besar-besaran. Tujuannya tentu supaya keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak. Namun, bukannya untung, terlalu cepat berekspansi justru bisa membuat kamu mengalami kebangkrutan, lho!

Berpikir bagaimana caranya untuk menciptakan sebuah produk inovatif. Berpikir bagaimana caranya untuk mendapatkan atensi dari pelanggan. Dan juga, berpikir bagaimana caranya untuk dapat mempertahankan eksistensi di dalam dunia usaha.

Setelah mengetahui dengan pasti siapa pasar yang akan dituju, selanjutnya Anda harus mempelajari potensi target tersebut. Jika memungkinkan, lakukan survei dan pengambilan knowledge melalui kuisioner. Cari tahu bagaimana latar belakang dan kondisi goal pasar, berikut apa yang menjadi keinginan mereka yang berkaitan dengan produk Anda.

Dengan berlangganan, tiap bulannya anda akan dikirimkan produk yang berbeda-beda dalam kategori tadi secara otomatis. Harga per kaos di Tees adalah Rp 120.000, anda bisa menjual satuan tetapi anda harus menjual di atas harga tadi supaya mendapatkan margin keuntungan. Meskipun Teespring bisa mengirim ke luar negeri, tapi biaya kaosnya jadi mahal. Enaknya lagi, si pendesain tidak perlu repot-repot mencetak dan mengirim kaosnya. Yang perlu mereka lakukan hanya memasarkan desainnya secara online.

Carilah mentor bisnis by way of flickr.comDibalik suksesnya para pengusaha, ada mentor bisnis yang handal untuk membantunya tetap berhasil dalam perjalanannya. Mereka tidak ragu untuk merogoh kantong yang dalam untuk membayar mentor bisnis. Mereka sadar tidak semua keahlian dan pengetahuan dimilikinya.

Memulai usaha dari bawah

bersaing dengan negara lain yang selama ini memberikan lapangan kerja. Kompleksitas organisasi usaha tergantung pada lingkup atau cakupan usaha, semakin besar lingkup usaha, semakin kompleks organisasinya. Wirausaha ini kegiatannya banyak bergerak dalam bidang bisnis.