Suroso Tiga Kali Hadirkan Program P3tgai Di Kalurahan Banaran, Kulon Progo

Riswal menceritakan modal awal bisnis baju motivasi berkisar Rp15-20 juta. Dana tersebut diambil dari tabungannya dibantu oleh mitra bisnisnya, Edi Priyanto. Sejauh ini hampir separuh dari modalnya kembali dalam waktu sekitar 20 hari. Tiap hari, lanjut dia, ada tiga sampai 11 produknya yang laku dengan harga berkisar Rp105 ribu hingga Rp115 ribu. Belajar sembari bekerja atau berbisnis terbukti mampu dilakoni Muhammad Riswal Syam . Mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia itu sukses menekuni bisnis baju berkonsep motivasi dengan omzet berkisar Rp300 ribu hingga Rp1 juta per hari.

Untuk memulai usaha ini, jika Anda sudah memiliki gadget dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan sepeserpun. Jika Anda belum memiliki printer yang memadai, Anda bisa survei harga printer dalam kisaran Rp400.000 hingga Rp600.000. Seiring berkembangnya bisnis, Anda bisa terus memperbaiki kualitas kertas, tinta, dan alat cetak sesuai dengan keuntungan yang Anda raih.

Untuk memulainya, Anda bisa mempromosikan kepada kerabat dan teman-teman terlebih dahulu. Macam jenis usaha yang selanjutnya yaitu dengan menjual produk kerajinan tangan. Jika Anda adalah orang yang kreatif dan suka membuat suatu kerajinan, cobalah untuk menjual karya yang Anda buat. Berbagai macam produk kerajinan tangan bisa berupa tas, sepatu, mainan, atau hiasan rumah. Macam jenis usaha dengan menjual produk yang berdasarkan hobi tentu akan sangat menyenangkan. Selain bisa memiliki berbagai produk yang disenangi, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hobi tersebut.

Semua strategi bisnis perlu dijalankan dengan mengoptimalkan modal yang ada untuk mendapatkan cuan atau keuntungan maksimal. Kelak, saat perekonomian sudah mulai bangkit dan stabil, baru Anda bisa lebih berani berekspansi dan mengeluarkan modal lebih besar. D tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi ini, bukan berarti tidak tersisa peluang dan kesempatan sama sekali. Masih banyak peluang bisnis-bisnis baru yang bisa Anda jajaki dan berpotensi menghasilkan keuntungan di tengah kondisi krisis. Merintis bisnis yang prospektif juga bisa menjadi jalan keluar bagi Anda yang saat ini secara finansial telah terimbas pandemi.

Motivasi bagi pelajar untuk memulai usaha

Berpegang teguhlah dengan kepercayaan dirimu, segala ikhtiar baik akan memberikan hasil yang luar biasa memuaskan. Langkah awal yang dilakukan panitia Program Mahasiswa Wirausaha Polman Negeri Babel melaksanakan sosialisasi terhadap Program Mahasiswa Wirausaha. Sejumlah 364 mahasiswa Polman Negeri Babel antusias mengikuti sosialisasi yang diselenggarakan. Mahasiswa yang mengikuti sosialisasi PMW dari DIII Tingkat 1, DIV tingkat 1 dan 2. Yun menambahkan, tantangan tersebut antara lain, seks bebas dan pornografi yang terus berkembang dan bisa diakses oleh siapapun dengan sangat mudah.

Apalagi jika menghadapi berbagai tantangan begitu berat yang bisa saja menyerah di tengah jalan. Namun bila memiliki dukungan dari lingkungan orang-orang terdekat terutama orang tua atau kerluarga ini yang memberikan banyak masukan positif, maka apapun jenis masalah dan tantangan tentu akan lebih mudah dilalui. Kesuksesan berbisnis tidak bisa didapatkan secara instan apalagi hanya sehari semalam saja.