Suggestions Sukses Memulai Bisnis Buket Bunga

JAKARTA – Hari kasih Sayang atau Valentine bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Pasalnya setiap 14 Februari, orang-orang di seluruh dunia termasuk Indonesia ikut merayakan Valentine. Selain itu, komunikasi dengan konsumen juga harus berjalan dengan lancar. Tujuannya adalah agar tidak ada salah komunikasi tentang tema, model, dan jenis bunga yang hendak dipakai.

Selain itu, desainnya juga harus mengikuti tren atau event yang berlangsung. Misalnya Valentine’s Day, aku membuat hand-bouquet berbentuk hati dengan gradasi warna merah, pink, dan putih. Dari yang hanya bermula dari modal 1 juta rupiah saja, kini bisnis bunga Maya ini berkembang dengan pesat. Saat ini bahkan memiliki tiga karyawan tetap dengan kapasitas produksi mencapai 15 pesanan rangkaian bunga setiap harinya.

Rahmi memulai bisnis buket bunga di tahun 2015, tahun itu dia memutuskan belum mengambil jenjang sarjana karena sempat tidak diterima di perguruan tinggi negeri. Masa satu tahun dia gunakan tidak untuk menggerutu dan bermalas-malasan, justru dimanfaatkan untuk merealisasikan keinginannya membangun suatu usaha mandiri. Saya juga punya cita-cita ingin mengurangi tingkat pengangguran di Gresik”, Rahmi beralasan. Peluang bisnis berhasil dia tangkap, sebab bertolak kembali pada tahun 2015 kompetitor bisnis sebagai florist belum ramai. Alhasil Flowerstore menjadi salah satu pelopor usaha buket bunga di Gresik. Brand bisnis adalah modal awal agar calon konsumen kamu mudah menemukan bisnis kamu.

Usaha merangkai bunga

Ada juga yang merasa bahagia bila mengirim bunga saat kekasihnya ulang tahun atau wisuda maupun untuk dikirimkan pada mereka yang sakit agar termotivasi segera sembuh. Bagi mereka bunga menjadi sesuatu yang beda, sehingga memesan bunga adalah pilihan tepat. Dan hal ini menjadi sesuatu yang perlu saya tekuni agar usaha bisa berjalan,” kata Novit. “Ya, untuk sementara jasa laundry dan bunga dibatasi meski banyak permintaan walaupun saat ini sudah masa new normal,” katanya. Kata dia di tengah pandemi Covid-19, ia membatasi sementara jasa laundry dan bunga yang selama ini sangat banyak digemari. Bunga juga bisa dimanfaatkan sebagai lilin pengharum ruangan atau sabun juga lho.

Selain ciri khas, setiap perangkai bunga juga dituntut mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pesanan dari konsumen. Jika sudah menyanggupi, si perangkai bunga harus bisa menyelesaikan proyek tersebut sampai tuntas. Mulai dari konsep rancangan, persiapan, hingga acara yang melibatkan rangkaian bunga itu tuntas di gelar. Lanjutnya, tarif sebesar Rp eight,5 juta merupakan harga minimal vendor. Sedangkan untuk harga dari konsumen, ia bilang sejauh ini minimal di kisaran Rp 5 juta.

Bunga segar pun akan lebih banyak diminati dibandingkan dengan bunga imitasi. Sehingga keuntungan dari bisnis florist ini bisa dijadikan peluang guna mendapatkan omset yang fantastis. Namun usaha florist juga sama dengan usaha lainnya yang memiliki kekurangan dibalik kelebihan yang dimiliki yaitu bunga hidup mudah layu dan tidak mampu bertahan lama. Sehingga untuk mengatasi hal tersebut butuh sekali cara supaya bisa menyiasati kesegaran bunga supaya bisa bertahan lama. Mumentum dan hari-hari tertentu seperti Tahun Baru, Valentin day, Hari Ibu dan lainnya menjadi ladang keuntungan bagi pelaku bisnis ini.

Dimana di website tersebut akan berisi produk, harga, layanan, alamat, testimoni, dan lain sebagainya. Karena seharusnya website akan mendukung bisnis Jasa Merangkai Bunga jika diintegrasikan antara promosi offline dan on-line. Nah, semua harga rangkaian bunga tersebut tergantung bunga yang digunakan dalam rangkaiannya. Karena itu, dalam menjalankan usaha ini diperlukan kepintaran membuat rangkaian bunga yang mampu menarik minat konsumen. Ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai usaha bunga Anda sendiri.

Melalui ceritanya Don Alex mengatakan Indonetwork sangat efektif sebagai sarana promosi untuk memperluas jangkauan bisnisnya itu. Member Indonetwork yang berada di Surabaya ini merupakan pemilik usaha yang bergerak di bidang specialis filter industri. Produk yang dipasarkan merupakan alat penyaring polusi yang dibutuhkan sektor industri seperti pabrik. Sebagai penyedia produk filter industri, Christiono H. Utomo lebih memilih pemasaran online ketimbang memasarkan secara konvensional. Lewat berpromosi di Indonetwork, jaringan bisnisnya pun kini meluas pelosok nusantara. Member Indonetwork satu ini merupakan satu dari sekian banyak pelaku usaha yang mempromosikan bisnisnya di Indonetwork.