Simak! Four Tips Mengelola Keuangan Untuk Memperbaiki Kondisi Finansial Bisnis

Hal tersebut dikarenakan nilai emas yang cenderung stabil membuat jenis investasi satu ini memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan jenis investasi lainnya. Membeli aneka ragam barang yang kita butuhkan dan inginkan, mulai dari yang terencana hingga yang tidak direncanakan memang sering kali menjadi kepuasan pribadi. Namun apabila terlalu berlebihan, tentu akan memberikan dampak tidak baik kepada diri kita sendiri. Kamu juga butuh perlindungan agar uang investasimu tetap “nyaman” di tempatnya. Dengan perlindungan dari FWD Insurance, kamu pun bisa #BebaskanlangkahBerani untuk kejar semua passion-mu tanpa perlu khawatir. Kamu gak perlu was-was karena FWD Insurance punya solusinya dengan #ProteksiOn Lucky Draw.

Setelah dana darurat terpenuhi, hal ketiga yang bisa dilakukan adalah menyisihkan pendapatan untuk investasi. Melvin menyarankan untuk memiliki dana darurat sebelum investasi agar bisa merasakan manfaat yang maksimal. Fimela.com, Jakarta Di masa pandemi Covid-19, sangat penting bagi kamu untuk lebih cermat mengelola keuangan. Jangan sampai kebutuhan sehari-harimu terganggu akibat pengelolaan keuangan yang kurang baik. Apabila kondisi keuangan usaha Anda sedang tidak baik, utang usaha hanya akan memperparah kondisi usaha Anda sendiri. Anda tentu tidak ingin penghasilan yang bahkan tidak mencukupi untuk biaya operasional usah, harus dibebani kembali dengan risiko utang usaha.

Memiliki catatan pengeluaran bisa membantu Anda mengontrol diri karena bisa mengetahui boros atau tidaknya Anda di bulan lalu. Hal ini memang terdengar merepotkan, dan belum tentu semua orang punya waktu untuk mencatat pengeluarannya selama sebulan penuh. Tapi saat ini sudah banyak tersedia aplikasismartphone yang berguna untuk mencatat pengeluaran. Beberapa aplikasi bahkan bisa mengkonversi foto struk belanjaan menjadi catatan digital. Salah satu kunci utama dari mengatur uang, adalah mampu membatasi diri sendiri.

Cara mengatur keuangan dengan mudah

Banyak sekali kasus PHK yang menyebabkan tingkat pengangguran dan kemiskinan meningkat. Keuangan pun berpotensi menjadi tidak sehat dan segala perencanaan keuangan yang telah disusun menjadi berantakan. Oleh karena itu, masyarakat perlu lebih bijak dalam mengelola keuangannya. Untuk waktu pengumpulan, Melvin mengatakan dana darurat bisa dikumpulkan secepatnya, bahkan sejak awal orang masuk dunia kerja. Menurutnya, dana darurat bisa berjumlah 6-12 kali dari jumlah pengeluaran setiap bulan.

Pastikan, semua catatan tersebut disesuaikan dengan nota pembelian ataupun bukti pengeluaran lainnya. Kalau sudah berantakan, kamu pasti kebingungan menentukan pengeluaran. Biaya yang seharusnya untuk produksi, mungkin saja terbawa untuk kepentingan pribadi. “Berinvestasi bisa sekaligus Slot Online buat kamu mendapatkan penghasilan pasif. Salah satu investasi sederhana yang nilainya terus bertambah adalah reksa dana,” tandasnya. Lebih lanjut terang dia, salah satunya adalah selalu punya rencana keuangan. Ini adalah sebuah kebiasaan yang harus dikembangkan dari waktu ke waktu.

Gunakan catatan pembukuan secara teliti untuk mengetahui penghasilan setiap bulannya serta memastikan ketersediaan dana yang bisa digunakan. Utang dan piutang adalah salah satu aspek terpenting dari keuangan UMKM. Pada jenis usaha tertentu, usahawan mungkin tidak selalu menerima pembayaran tunai dengan segera. Misalnya, usaha kita baru menjual 50 rim kertas HVS A4 kepada sebuah pembeli, namun uangnya baru akan dibayarkan di akhir bulan. Artinya, uang yang akan dibayarkan di akhir bulan itulah yang disebut piutang milik usaha kita.