Pramuka Berbisnis

Jadi dengan kreasi bunga plastik kita dapat membuka dua peluang usaha sekaligus, usaha menjual bunga plastik eceran serta menjual rangkain bunga plastik yang cantik. Dalam menjalankan bisnis toko bunga ini tentu tidak terlepas dari kendala. Maya mengaku, kendala utama dalam bisnis florist terletak pada harga yang cukup fluktuatif. Kendala tersebut kemudian disiasati olehnya dengan sistem abonemen dengan para supplier bunga lokal sehingga harga yang kami dapat relative stabil. Kendala lain yang sering terjadi adalah terbatasnya varian bunga import. Mengingat beberapa bunga bersifat musiman, sehingga tidak selalu bunga tertentu yang diminta oleh konsumen dapat ditemukan dari importer bunga.

Satu-satunya perusahaan pedagang bergantung pada ketersediaan sumber daya dan modal dapat diperluas. Jika Anda berencana untuk memulai butik bunga on-line atau bisnis bunga, iklankan merek Anda di Twitter, Facebook, Instagram atau saluran media sosial populer lainnya. Cobalah untuk mencari tahu biaya operasi dan biaya yang sesuai untuk produk Anda. Hubungi perusahaan desain grafis yang memiliki keahlian dalam mendesain logo sesuai kebutuhan spesifik bisnis Anda. Pentingnya brand dalam kasus bisnis on-line tidak dapat ditolak. Ini menciptakan pengakuan merek dan membuat bisnis Anda berbeda dari pesaing.

Tetapi terlepas dari yang terdaftar, akan selalu ada kebutuhan untuk memiliki strategi pasar yang kuat untuk menarik pelanggan. Bisnis bunga on-line yang baru-baru ini dibuka harus memiliki manajemen rantai pasokan yang baik untuk mengembangkan bisnis. Untuk menghindari kerusakan bunga, Anda juga harus memilih supplier yang memiliki pengiriman yang dapat diandalkan.

Tidak goyah dan pesimistis saat tidak ada pesanan dan melakukan yang terbaik saat ada pesanan pada momen tertentu. “Saat ini menunggu pesanan buquet juga tidak bisa terlalu diandalkan. Maka sayapun harus mendampingi dengan usaha lain,”papar Novit. Tergantung jumlah bunga dan bentuk yang diinginkan ada bunga rose, lili, tulip, matahari, garbera, carnation, anggrek, gardenia, daffodil, hidrangea. Di sinilah mereka menyimpan alat dan bahan, mengerjakan rangkaian, serta menyimpan hasil rangkaian yang belum terjual.

Siapa yang tak suka memakan kudapan di tengah menjalankan rutininas yang terkadang membosankan? Potensi bisnis rumahan makanan ringan bisa kamu coba, baik membuatnya sendiri atau menjadi reseller. Jika kamu tidak mau repot, kamu bisa menjadi reseller produk camilan.

Karena makin lama jadwalnya makin padat, Irma diminta suami meng­undurkan diri agar tetap bisa memberi perhatian penuh pada sang buah hati di rumah. Untungnya, sang suami sangat memahami kecintaan Irma pada bidang ini dan menawarkan untuk membuka usaha sendiri saja di rumah. Ia mengatakan, saat merangkai bunga, mood-nya bangkit dan ia jadi tidak bosan. Pelan-pelan Irma merasa mampu menggali bakat terpendamnya lewat kegiatan ini. Selain itu, ia juga jadi makin percaya diri berkat pujian klien atas karyanya.

Namun, harga rangkaian disediakan Stella Florist mulai dari Rp 500.000,-. Sebelum sukses bisnis toko bunga dengan brand Stella Florist, Maya sudah berulang kali membangun usaha, namun hasilnya kandas di tengah jalan. Akhirnya, berdasarkan belajar dari pengalaman dan kegagalan sebelumnya, Maya pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja. Maya memantapkan dirinya untuk memulai bisnis secara full time.

Usaha merangkai bunga

Setelah itu, rangkai bunga yang sudah kering, dan dibalut dengan kertas khusus, atau bisa juga menggunakan kain karung goni, untuk membuat buket bunga. Bahkan, kini sudah banyak pengrajin bunga, yang sengaja mengeringkan bunganya, untuk dijadikan kerajinan buket bunga, yang cantik nan estetik. Harga tersebut disesuaikan dengan dekorasi yang diinginkan konsumen. “Jadi harga nya tidak tentu, tergantung dekorasinyanya seperti apa, untuk global atau perorangan,” jelasnya. Saban akhir pekan, ia mengaku pasti ada saja permintaan untuk merangkai bunga untuk sebuah acara.

Seperti bunga mawar, bunga matahari, bunga krisan, dan lain-lain. Berbeda dengan usaha bunga flanel pada umumnya, Kerajinan tangan karya Nana ini mempunyai standar premium dengan bentuk yang sangat mirip bunga aslinya. Dengan modal awal sekitar Rp 600 ribu, saat ini ia bisa mendapatkan omzet hingga Rp 50 juta dalam sebulan dari usahanya. Kalimat itu dirasa cocok untuk menggambarkan kisah Natura Kusumadewi dalam mengembangkan bisnis kerajinan tangannya. Bernama Fleurify, bisnis yang membuat berbagai macam bunga dari kain flanel ini didirikan tahun 2016 silam. REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO — Elmeera Handcraft bergerak di bidang industri kreatif yang memproduksi buket bunga berbahan dasar kain flanel yang dibuat mirip dengan bunga aslinya.