Membangkitkan Gairah Bisnis Kost Di Masa Pandemi

Harga sewa kos umumnya dipengaruhi oleh tiga faktor, yakni lokasi, fasilitas yang ditawarkan, serta daya beli. Desainlah bangunan dengan memiliki sirkulasi udara yang lancar, fasilitas umum yang sesuai, serta aturan yang membuat seluruh penghuni nyaman. Disadari atau tidak, keberadaan kosan di perkotaan sangat penting untuk karyawan atau pekerja yang datang dari luar daerah. Bahkan, mahasiswa juga banyak yang memilih tempat tinggal ini dibanding asrama. Semua hal seputar manajemen kost, pengurusan pajak, promosi marketing, hingga biaya operasional perawatan gedung akan difasilitasi oleh RoomMe.

Setelah pengusaha mampu berinovasi, maka step selanjutnya adalah bagaimana cara membuat buyer tertarik dengan produk tersebut. Produk yang tersedia dengan mudah serta variatif, harga yang kompetitif dan dipromosikan dengan unik menjadi kunci untuk menarik konsumen. Airbnb menawarkan produknya dalam beragam fasilitas dan harga, sehingga buyer dapat menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Penghitungan tersebut berdasarkan peraturan baru yang berlaku. Selain penghitungannya lebih sederhana, nilai pajak yang dibebankan ke wajib pajak pun tidak memberatkan pemilik kos-kosan. Pajak kos-kosan sendiri pada dasarnya sudah diatur dalam Pasal 1 Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah . Dalam hal ini, yang termasuk dalam kategori hotel adalah motel, losmen, rumah penginapan, maupun rumah kos dengan jumlah ruang tidur lebih dari 10. Sekarang mencari kost-kostan tidak perlu lagi harus keliling dan panas-panasan. Kamu bisa mencarinya di dalam ruangan, tanpa merasakan panasnya sengatan matahari apalagi pegal-pegal kaki.

Usaha kost-kostan

Biasanya, di setiap daerah terdapat kriteria atau izin yang berbeda-beda untuk membangun kost-an. Namun, umumnya semua pemilik usaha kost-kostan yang memiliki jumlah kamar lebih dari 10, wajib memiliki beberapa izin ini. Salah satu investasi bisnis properti di Bali yang saat ini yang sangat prospektif adalah investasi di bisnis kost-kostan. Tidak dapat dipungkiri memang kebutuhan akan rumah tinggal semakin hari akan semakin banyak. Sebagai salah satu daerah tujuan pariwisata dan salah satu pusat ekonomi di Indonesia membuat banyak pendatang dari dalam maupun luar pulau datang ke Bali untuk mengadu nasib mencari pekerjaan.

Saat ini artis yang pernah membintangi Tukang Bubur Naik Haji ini sudah memiliki sixteen kamar kosan kosan yang disewakan. Kamu yang saat ini menjadi anak kost, apakah pernah berkeinginan untuk bisnis properti kost? Bisnis di bidang properti ini terbilang menggiurkan, terutama kalau mau bikin kost di Jakarta yang notabene kota besar.