Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak

Oleh sebab itu, kita patut berterimakasih kepada para pendiri negeri ini yang dengan kesadaran kolektif sepakat menjadikan pendidikan sebagai salah satu cita-cita kemerdekaan. Lebih dari itu, didasari oleh visi jauh ke depan, di bagian pembukaan konstitusi ditegaskan bahwa mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tujuan eksistensi bangsa ini. Konsekuensinya, apapun hambatannya termasuk Pandemi Covid 19, pendidikan should go on. Jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun danair mengalir, atau menggunakan hand sanitizer. Pekerja yangmengalami gejala seperti demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan disarankanuntuk tidak masuk bekerja dan memeriksakan diri ke fasilitas pelayanankesehatan jika diperlukan.

Saat ini uang elektronik juga menjadi gaya hidup khususnya bagi anak muda. Setiap orang baik yang sehat ataupun sedang sakit, diwajibkan menggunakan masker. Masker yang dipakai harus menutupi hidung dan mulut, selain itu baiknya kita membawa lebih dari satu masker sebagai cadangan. Masyarakat umum dihimbau untuk tidak menggunakan masker bedah dan masker respirator N95, karena masker tersebut persediaanya terbatas dan dikhususkan untuk tenaga medis yang menangani pasien covid-19.

Namun bagi para penyuka jalan-jalan harus tetap menjaga diri dan orang sekitar selama bepergian. Sedangkan untuk Surabaya masih memilih fokus pada penanganan COVID-19 untuk warganya. Penerapan new regular dipertimbangkan setelah kondisi menjadi lebih baik. Belakangan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini merasa kecewa karena mobil PCR bantuan BNPB yang awalnya untuk pemeriksaan warganya dialihkan untuk daerah lain.

Yakni, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan memakai masker. Begitu pula dengan sarana transportasi darat yang melakukan perbaikan untuk menunjang protokol kesehatan. Seperti, memperluas ruang halte bus dan stasiun KRL, menambah jumlah gerbong KRL dalam setiap rangkaian, hingga memperpanjang layanan KRL. Secara umum ruang lingkup pengendalian transportasi yang dilakukan adalah untuk seluruh wilayah dan untuk wilayah yang ditetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar . Penumpang angkutan umum dan kendaraan pribadi, para operator sarana dan prasarana transportasi wajib melakukan penerapan protokol kesehatan, penerapan pembatasan jumlah penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk, dan penerapan physical distancing.

Skenario lembaga pendidikan melaksanakan tusinya perlu dilakukan. Untuk hal ini mungkin diperlukan kebijakan dan biaya tambahan yang tentunya menjadi perhatian pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. Agar biaya yang diperlukan dapat terpenuhi, pemerintah perlu melakukan efisiensi atas anggaran yang dinilai tidak efisien, apatahlagi sampai pada tingkat pemborosan dan cenderung disalahgunakan. Seluruh aktivitas sosial perlu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, dan menghindari kontak pisik dengan menjaga jarak pisik antar sesama. Bila aktivitas new regular dapat dilakukan, maka areal interaksi sosial bisa diaktifkan kembali.

Peraturan baru dalam masa new normal

Di bidang perbankan juga akan menerapkan protokol kesehatan bagi para nasabah dan karyawannya. Selain itu, bank-bank akan menggencarkan sosialisasi agar masyarakat melakukan transaksi keuangan secara elektronik. Berbagai kebijakan untuk menanggulangi pandemi Covid-19 dikeluarkan pemerintah. Salah satunya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB pada akhir Maret lalu. Kebijakan tersebut paling sedikit meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum. Seiring dengan penerapan new normal itu, perjalanan orang ke luar kota atau lintas wilayah pun diperlonggar.

Mungkin saja teknologi pemeriksaan suhu semacam ini akan datang bersama dengan peningkatan yang disebutkan sebelumnya, seperti mobile check-in, kunci digital, dan pembayaran tanpa kontak. “Hotel perlu mengevaluasi apa saja yang perlu dibersihkan setiap hari di kamar, di luar furnitur. Termasuk mengganti bantal dan selimut, membersihkan daftar menu, dan banyak lagi,” kata Rob Karp, pendiri dan CEO dari layanan perencanaan perjalanan MilesAhead. “Contoh khusus adalah cokelat atau permen di minibar – saya pikir banyak properti akan mulai menyadari bahwa para tamu tidak akan menginginkan makanan tambahan ini jika itu berpotensi terkontaminasi.” “Marriott, misalnya, mengatakan akan menggunakan penyemprot elektrostatik dan disinfektan tingkat rumah sakit,” kata Lieberman. Pertama, pemerintah diharapkan untuk mengeluarkan aturan yang tidak tumpang tindih. “Jangan ada kompetisi antar-kementerian, jangan ada kompetisi rivalitas antar-gubernur.

Namun demikian, pelonggaran kapasitas angkut ini dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan dengan kondisi persebaran Covid-19 di masing-masing daerah. [newline]Dalam Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 ini, Pemerintah menerbitkan aturan baru di sektor transportasi. Salah satunya soal batas kapasitas maksimal penumpang angkutan umum yang sebelumnya diatur maksimal 50 persen, kini tidak ada lagi. Virus dapat berpindah secara langsung melalui percikan batuk atau bersin dan napas orang yang terinfeksi yang kemudian terhirup orang sehat. Virus juga dapat menyebar secara tidak langsung melalui benda-benda yang tercemar virus akibat percikan atau sentuhan tangan yang tercemar virus.

Meski wabah Covid 19 masih menghantui dunia, namun ada secercah harapan untuk hidup regular pasca Covid 19. Meski baru menunjukkan kurva melandai dan belum menurun secara signifikan, masyarakat tak boleh lengah terhadap bahaya Covid 19. Wabah tersebut perlu diwaspadai meski kelak ditemukan obat virus ini. Khusus untuk tes antigen hasil tes dan surat keterangannya bisa kamu dapatkan dalam waktu 1 jam sejak sampel diambil. Sementara untuk tes PCR, tersedia pilihan paket dari 6 jam dan 48 Situs Bola Online jam dengan harga yang terjangkau. Surat keterangan hasil test berbasis RT-PCR atau Antigen harus dilengkapi dengan barcode / QR code dari fasilitas kesehatan yang mengeluarkan untuk memastikan keaslian hasil tes.

Kita belajar menjadi bijak melalui wabah ini untuk hidup sehat dan sesuai aturan. Keteraturan pola interaksi menjadi modal dasar untuk keberhasilan melewati babak new regular menjadi kehidupan regular. Di sini akan memperlihatkan tipikal diri apakah memiliki kepekaan sosial atau justru masih kokohnya egoisme dan individualisme diri yang akan merusak tatanan peradaban, terutama menghadapi wabah Covid 19.